qurban
Siswa mengumpulkan infak dari uang jajannya

Sisihkan Uang Jajan, Siswa SDIT Al Ibrah Berhasil Membeli Hewan Qurban

Hari Raya Idul Adha tinggal hitungan hari. Selama satu bulan siswa-siswi SDIT Al Ibrah telah mengumpulkan uang untuk membeli hewan qurban. Akhirnya usaha yang mereka lakukan pun tak sia-sia. Sebelum tanggal 10 Dzulhijhah mereka berhasil membeli seekor sapi dan 4 ekor kambing. Hewan-hewan tersebut rencananya disembelih pada hari Tasyrik, Senin (4/9/3017).

Penyembelihan hewan tersebut sengaja sebagai sarana pembelajaran bagi siswa-siswi di bulan Dzulhijjah.

Menurut Kepala SDIT Al Ibrah, Muhammad Musyafak, pengumpulan infak tersebut murni dari uang jajan siswa yang disisakan sendiri setiap hari. Tidak diperbolehlan minta orangtua.

“Agar para siswa memahami dan merasakan langsung makna berqurban. Serta membiasakan anak-anak untuk gemar berinfak.” tuturnya.

idul adha
Siswa SDIT Al Ibrah sedang memasukkan uang jajannya ke kotak infak kelas

Ada pun terkait penyembelihan hewan qurban, menurut Humas SDIT Al Ibrah, Imam Syafi’i akan langsung ditangani ustadz-ustadz yang ada di sekolah, dengan disaksikan oleh seluruh siswa.

“Sekaligus pembelajaran terhadap siswa cara menyembelih hewan qurban dengan benar.” Jelas Imam.

Selain belajar tata cara penyembelihan hewan qurban, SDIT Al Ibrah juga menggelar Cooking Class, yakni masak bersama. Dari daging-daging hewan yang disembelih akan dibagikan ke warga sekitar, dan sisanya akan dimasak oleh para siswa dengan didampingi ustadz-ustadzah (*)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *