mukhoyyam quran
Tekun : seorang santri SMPIT Al Ibrah tengah membaca dan menghafal Al Quran

OUR JOURNEY WITH QURAN

 

Majunya sebuah peradaban terletak pada kualitas pemudanya, mencetak pemuda Islam yang unggul merupakan bagian dari mimpi dakwah Nabi Muhammad saw. Kita adalah pemuda-pemudi penurus dakwah Nabi. Bukan pemuda pemudi yang hanya unggul secara Intelektual (IQ) dan fisik saja, tapi lebih dari itu, akhlaq dan hati yang dekat dengan Al-Qur’an adalah kesempurnaannya.

mukhoyyam quran
Tiada hari tanpa Al Quran

Perjalanan ini dimulai sejak kita lahir dan ketika membuat perjanjian dengan Allah swt. Tentang hidup seperti apa yang kita pilih. Termasuk memilih dan menentukan setiap proses belajar dan pengalaman. Bersyukur sekali bisa mengenal pemuda-pemudi luar biasa ini. Bergabung dan menjalani kegiatan sekolah bersama mereka dengan Ustadz-Ustadzah hebat yang berjuang dengan Al-Qur’an.

Hati yang selalu terpaut dengan Al Quran adalah hati yang khusyu’, lisannya disibukkan dengan menyebut kalam Allah. Al Quran menjadi obat dan rahmat bagi mereka. Merekalah siswa-siswi SMP IT AL IBRAH Gresik yang setiap harinya disibukkan dengan Al Quran.

Kali ini kita akan bersama melihat salah satu program unggulan tim Al Quran SMP IT AL IBRAH Gresik dalam menumbuhkan semangat Al Quran dan menjaganya.

Kegiatan yang diadakan tiap tahun, dan sekarang memasuki tahun ketiga yaitu MUKHOYYAM QUR’AN 3.

Kegiatan ini bertema “Enjoy Your Memorizing”. Program unggulan SMPIT Al Ibrah ini diikuti oleh 138 siswa-siswi kelas VII & VIII yang didampingi oleh 9 Ustadz dan 11 Ustadzah. Berlokasi di wilayah Kecamatan Panceng, Dukun dan Gresik. Berlangsung selama 7 hari, mulai tanggal 2 sampai 8 April 2017.

Mukhoyyam Quran ini bertujuan untuk menanamkan rasa cinta dan rasa memiliki terhadap Al-Qur’an serta memberikan motivasi kepada siswa-siswi untuk rajin membaca dan menghafalkan Al Quran.

Berkat bimbingan ustadz dan ustadzah dan do’a orang tua mereka, nampak jelas sekali terlihat dari dalam jiwa mereka terbangun kesadaran untuk hidup bersama Al Quran dalam setiap kondisi di mana aktivitas, upaya, sikap, perhatian dan tujuan akhirat adalah perioritas utama di atas segalanya.

Semangat siswa-siswi ini selalu berkobar untuk terus belajar dan menghafalkan Al Quran agar pantas menjadi

mukhoyyam quran
BERSAMA : Muraja’ah Al Quran

sahabat Al Quran dan layak menjadi keluarga Allah swt di muka bumi. Bahkan, mereka pantas memakai mahkota dan pakaian kehormatan di surga-Nya kelak.

Target hafalan menambah ½ sampai 3 juz mereka tempuh dalam waktu satu pekan. Merekalah pemuda-pemudi hebat generasi Islam yang diharapkan. Tidak hanya orientasi Al Quran yang Ustadz dan Ustadzah tanamkan, tapi juga memberikan motivasi kepada siswa-siswi agar meningkatkan kualitas dan kuantitas ibadah harian, termasuk qiyamul lail dan ibadah-ibadah sunnah lainnya.

Rangkaian agenda harian mereka, penuh dengan setoran hafalan Al Quran, tahfidz (menambah hafalan) dan muraja’ah (mengulang hafalan).

Di tenggah-tenggah agenda yang padat bersama Al Quran ini,  Ustadz dan Ustadzah pendamping sangat kreatif menyelipkan kegiatan-kegiatan tambahan yang menyenangkan.  Sehingga menghafal Al Quran menjadi lebih menarik dan tidak membosankan. Bersosialisasi dengan masyarakat setempat, mengikuti agenda-agenda masjid sekitar, olahraga, jalan-jalan dan tadabbur alam, menghafal di lokasi persawahan, ke lokasi tambak ikan milik penduduk sekitar dan yang paling seru juga adalah bakar-bakar ikan kemudian di santap bersama.

Lingkungan yang jauh dari keramaian, suasana pedesaan yang asri, sejuk dan nyaman menjadi sarana pendukung hafalan peserta kegiatan Mukhoyyam Qur’an 3 ini dan membuat mereka merasa betah tinggal di kampung yg mereka tempati.

Begitu dekat dan terasa kebersamaan antara para santri dengan Ustadz-Ustadzah pendampingnya,  sehingga menjadikan pengalaman berharga ini dirasakan oleh seluruh peserta Mukhoyyam Quran 3 SMP IT AL IBRAH Gresik dan tak akan terlupakan. (umi_nadzirah*)

*Musyrifah boarding banat SMPIT Al Ibrah Gresik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *