Idul Adha, Al Ibrah Gelar Shalat Id di Dua Lokasi

Lembaga pendidikan Yayasan Al Ibrah Gresik gelar rangkaian kegiatan Idul Adha 1437 H / 2016 M. Salah satunya pelaksanaan Shalat Id.  Hari Raya umat Islam yang dilaksanakan setiap tanggal 10 Dzulhijjah kali ini serempak jatuh pada hari senin, 12 September 2016.

Shalat Id yang digelar Yayasan Al Ibrah Gresik ini berada di 2 lokasi, yaitu Masjid Baitul Quran  (MBQ) SMPIT Al Ibrah , di Jl. Kng Brotonegoro GKB  Kecamatan Manyar dan Masjid Al Ibrah sendiri yang ada di komplek Kelompok Belajar dan Taman Kanak-kanak (KBTK) Islam Terpadu Al Ibrah, Jl. Arif Rahman Hakim 20-22 Gresik.

Selaku imam dan khatib dalam shalat idul adha di MBQ adalah Prof. Ir. Mukhtasor, M.Eng.,Ph.D, dari Surabaya.

Dalam khutbahnya, Mukhtasor menyampaikan tentang  keteladanan Nabi Ibrahim ‘alaihissalam sebagai seorang pemimpin. “Nabi Ibrahim adalah sosok  seorang pemimpin yang luar biasa. Nabi Ibrahim mampu menghadirkan perubahan-perubahan yang bisa kita rasakan sampai saat ini.” jelasnya.

Guru besar Institut Teknologi Surabaya (ITS) ini memaparkan kualitas kepemimpinan seseorang akan tampak manakala dirinya mampu menghadirkan perubahan-perubahan kebaikan di sekelilingnya. Seorang pemimpin harus memiliki empat landasan utama dalam mewujudkan perubahan, yaitu memiliki visi yang jelas (visioner), kualitas hikmah, perjuangan yang kuat, dan mengajak  atau menggerakkan (motivator) orang-orang di sekitarnya untuk mewujudkan visi secara berjamaah.

Sementara, di Masjid KBTKIT Al Ibrah Ustadz Humaini Dhafir, Lc, juga menjelaskan tentang  jejak Nabi Ibrahim beserta keluarganya yang banyak membawa hikmah dan pelajaran bagi umat Islam. “Kekuasaan sejatinya adalah titipan Allah  subhanahu wa ta’ala untuk mengawal dan mengatur manusia menjadi hamba Allah yang taat, hingga terwujud masyarakat yang aman dan sejahtera, baik lahir maupun batin.” papar Humaini.

Usai pelaksanaan shalat Id, kegiatan dilanjutkan dengan penyembelihan hewan qurban. Menurut ketua panitia qurban MBQ, Riris Hadi Santoso ada sebanyak 47 hewan qurban yang akan disembelih. Sapi sejumlah 15 ekor dan kambing 32 ekor. kegiatan qurban ini atas kerjasama dengan Yayasan Al Ummah , Masjid Al Ibrah, dan Masjid Islamic Center.

“Selain untuk guru, pegawai dan siswa, daging hewan qurban juga akan didistribusikan ke masyarakat sekitar dan desa-desa yang membutuhkan.” jelas Riris (r47)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *