Beginilah, Pembelajaran Menyenangkan Ala SDIT Al Ibrah

Mewujudkan pembelajaran lebih bermakna sekaligus menyenangkan siswa, tidaklah mudah. Namun, SD Islam Terpadu (SDIT) Al Ibrah Gresik terus melakukan terobosan untuk memaksimalkan hasil pembelajaran.

Salah satu yang ditempuh adalah menjalankan program out door learning (ODL). Selama dua hari, Selasa-Rabu (26-27/2/2019) lalu, tiga jenjang, yakni kelas 1, 4, dan 5 menjalani program itu dengan tujuan berbeda, dalam suasana yang enjoy.

ODL merupakan salah satu program sekolah untuk memberikan pengalaman belajar secara langsung kepada siswa. Dengan cara itu, kemandirian siswa juga akan terasah. Pada gilirannya, siswa mendapat pengalaman berharga dengan tetap berada pada koridor pembelajaran.

“Dalam kegiatan ini anak-anak akan belajar tentang peristiwa-peristiwa dalam sejarah dan kehidupan sehari-hari. Anak-anak juga dilatih memiliki rasa tanggung jawab pada diri sendiri ataupun pada orang lain, sekaligus melatih jiwa sosial, serta sikap kemandirian di lingkungan masyarakat,” ungkap Kepala SDIT Al Ibrah, Muhammad Musyafak.

Humas SDIT Al Ibrah, Mu’rifah, menambahkan, kegiatan yang berlangsung dua hari itu terbagi dalam beberapa lokasi tujuan. Untuk jenjang kelas 1 ke Maharani Zoo yang berada di wilayah Kabupaten Lamongan. Di sana mereka belajar berbagai jenis hewan.

Sedangkan jenjang kelas 5, ke makam salah seorang tokoh penyebar agama Islam di Gresik, Tugu Pahlawan Surabaya, dan museum 10 November, dan ke Masjid Chenghoo Surabaya.

Sementara untuk jenjang kelas 4, dibawa ke Delta Fishing Sidoarjo. Di lokasi itu, mereka tidak hanya memancing. Namun juga out bond untuk menyukseskan program Gemar Makan Ikan (Gemari)). Selain itu, mereka juga mengidentifikasi keragaman pemanfataan sumber daya alam hayati, mengidentifikasi pemanfaatan gaya dalam kegiatan sehari-hari.

“Program ini juga untuk mengetahui manfaat persatuan dalam keberagaman melalui kegiatan kerja sama,” ujarnya.

Alhamdulillah, semua berjalan dengan baik dan lancar. Semoga bisa memberikan pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna untuk kalian, anak-anak sholih-sholihah,” pesan Mu’rifah di akhir acara. (nan)

Kontributor: Muhammad Janan ,Humas Al Ibrah Gresik

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *