3 Alasan Mengapa Anak Muda Indonesia Memilih Produk-produk dengan Merek Internasional

Anak muda atau yang biasa  dikenal dengan Gen Y,  di Indonesia lebih banyak memilih produk dengan merek internasional dan nasional. Jika kategori makanan dan minuman biasanya justru merek lokal yang digemari.

Hal ini menurut dosen jurusan manajemen Universitas Tarumanagara, Arnold Japutra, ada tiga  alasan mendasar antara lain merek sudah akrab di telinga mereka, kejelasan legalitas atau sertifikasi, dan etnosentrisme. Sebagian besar dari mereka telah menggunakan atau membeli merek ini sejak masih kecil.

Berdasarkan hasil survey Brand Alliance, ada lima kategori teratas produk atau merek yang paling dikenal di kalangan Gen Y, di antaranya mobil, motor, telepon genggam, laptop, dan kamera.

Mobil paling banyak digunakan adalah Honda, kemudian disusul Mazda, Toyota, Nissan, dan peringkat lima adalah Mitsubishi; yang semuanya adalah merek kendaraan Jepang.

Kemudian untuk kategori motor, Honda masih menjadi yang populer, selanjutnya disusul Yamaha, Kawasaki, dan terakhir Suzuki.

Untuk kategori telepon genggam, adalah Apple (iPhone) masih menjadi paling favorit di Indonesia, disusul Samsung, Sony, Nokia, dan LG. Sedangkan laptop, Apple (Macbook serie) juga masih menjadi merek terpopuler dan disusul Lenovo, Vaio, HP, serta ASUS.

Sementara itu, kamera Canon masih menjadi terpopuler, dikejar peringkat dua, Nikon, kemudian Sony, Olympus, dan Fuji.

Jika  dibandingkan dengan China, Gen Y di sana cenderung mempertimbangkan produk bermerek dan tampilan kemasan sebagai ekstensi penting dari identitas diri. Gen Y di China lebih memamerkan dan mengejar gaya hidup melalui merek produk yang dipilihnya, seperti merek produk impor dan mahal.

Berbeda dengan Gen Y dari negara lain di Asia, merek produk ternama pilihan Gen Y di Indonesia memamerkan kualitas dasar dan menempatkan tagline sebagai cara untuk menarik pembeli.(R47)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.